Selasa, Desember 21, 2010

MERAKIT AMPLIFIER

LANGKAH-LANGKAH NYA ADALAH SEBAGAI BERIKUT;

Pertama tamya saya megabar lay,ot pada buku dan menulis daftar koponen, kemudin saya

Membeli FCB amplifeir yang 300W dan FCB toon control dan juga koponen-komponen yang terdaftar , pada kertas FCB selanjutnya saya memasang komponen satu pesatu dan

Menyoldernya dengan solder dan tinol komponen yang pertama saya pasang adalah resistor

Karena resistor komponen yang terkecil yang selanjutnya saya pasangkan pada PCB adalah Dioda karena dioda sedikit lebih besar dari resistor kemedian elko dan capasitor dan yang paling terakhir adalh Transistor .

Setelah memasang komponen Amplifier selesai kemudian saya memasang seluruh komponen-komponen Toon control dimana Toon control tersebut dapat berfungsi sebagai besar kecilnya suara dan tinggi rendahnya nada pada pemasangan komponen Toon control

Tidak jauh beda dari pemasangan amplifer hanya pada Toon control terdapat potensio yang terdiri dari bass,treble,bannce,dan volume yang mempunyai fungsi masing2’’;

Bass berfungsi sebagai pengatur tinggi rendahnya nada dn trebel sebgai pengatur tinggi rendahnya nada tinggi

Blance;berfungsi sebagai pencampur dan volume berfungsi sebagai pengatur tinggi rendahnya suara .

Sebelum saya memasngnya saya diberi pengarahan oleh guru pembimbing pembuatan amplifer setelh pemberian pengarahan selesai kemudian kami disuruh lapor satu persatu/ketrampilan komponen apa saja yang dibawa, setelah guru pembimbing memriksa komponen kemudian ia memeberi kami tinol untuk menempelkan komponen/menempelkanya pada FCB.walaupun beliau memberikan tinol saya sedikit tetapi saya tahu maksudnya agar kita semua dapat bertanggung jawab.

Setelah semua komponen terpasang langkah selanutnya adalah mengukur komponen-komponen tersebut dengan menggunakan alat multitester untuk mengetahui ada atau tidak ada nya komponen yang rusak dan maka komponen tersebut harus diganti,untu mencopot tinol/timah atau solderan saya menggunakan atraktor dengan cara melehkan tinol yang berda pada kaki komponen kemudian di saat yang bersmaan kita tarik tinol yang sudh meleleh dengan atraktor.

Setelah semua sudah diukur kemudian saya berikan pada guru pembimbing untuk di cek solderannya ,pemasangannya,dan kerapiannya sesudah di cek oleh guru pembimbing tersebut.langkah selanjutnya adalah pengetesan dengan speaker.untuk mengetes rangkaian amplifier tersebut dengan sepeaker,saya merakitnya menyabungkan antara rangkian amplifier dengan toon control,VCD,speker,power suplly.tujuannya untuk mengetahui adnya kerusakan pada rangkaian amplifier tersebut atau tidak ada agar apabila di pasang pada bok salon suaranya tidak rusak apabila ada kerusakan saya di suruh mencari dimana letak kerusakannya dan untuk mengetahui saya menggunkan mutitester umtuk mengecek satu persatu kemudian apabila komponen yang rusak di temukan maka saya ganti komponen tersebut .Dan setelah selesai kita tes lagi dengan menggunakan speaker.

BY ARI URIP XI AV

pingin punya tambahan pendapatan dari internet seperti saya klik saja picture dibawah ini dan rasakan manfaatnya :

Tidak ada komentar: