Rabu, September 15, 2010

TIPS MENYELAMATKAN FLASHDISK TERKENA VIRUS

Flashdisk sebagai alat penyimpan data sudah beredar banyak dan hampIr semua orang menggunakannya terutama yang selalu berkutat dengan computer sebagai alat menyelesaikan tugas-tugas sekolah ataupun kuliah bahkan dikantor-kantor juga menggunakannya entah itu berupa data ketikan gambara ataupun musik bahkan koleksi video.
Tapi ketika tiba-tiba ngehank atau ngeblank atau dta hilang karena virus, alamat jadi bingung kecuali punya backup file kita seh masih untung, kalo tidak ya sudahlah, ikhlasin aja ditambah harus sabar karena harus flasdiskm baru, bukan begitu?
Tidak ada salahnya kalo kita mencoba dulu sebelum dibuang flasdisknya atau memvonis bahwa file sudah hilang
Coba kita analisa gejala kerusakan pada flashdisk yang pernah saya alami, diantaranya :
 File hilang setelah discan antivirus
 Folder tidak dapat dibuka ( berubah bentuk menjadi shortcut )
 Flashdisk tidak terdeteksi
 Flashdisk tidak mau menyimpan

Langkah awal dari segalanya yang terpenting adalah berdoa, selanjutnya perangkat komputer yang mau digunakan sebagai sarana penyembuhan harus terproteksi baik anti virus ataupun proteksi lainnya, disini saya menggunakan AVG Free Update terbaru dan DEEPFREZE terbaru juga. Maksude eben ora tertular kayak kuwe..he setelah itu baru siap deh..

Untuk kasus yang pertama terjadi karena tiap kali kita tusukan flashdisk di komputer pada saat scan virus biasanya kita pilih delete atau karantina ketika ada peringatan virus terdeteksi, yang sebenarnya emang virusnya yang terdelete. Tapi kenapa file hilang? Itu karena ulah si virus meng-hiden ( menyembunyikan ) file tersebut, yang sebenarnya masih ada, jadi untuk kasus ini jangan panik karena ada obatnya. Biasanya saya gunakan DOS untuk mengatasinya dan berhasil, terbukti beberapa teman sudah saya tolong dan sukses!! Mau tau caranya tinggal beri komentar dan secara otomatis terkirim caranya, makasih sebelumnya.

Untuk kasus yang kedua saya alami ketika menservice laptop temen ( padahal saya nggak punya laptop dan juga HP gk punya... apa maksude?? He..he.. ) ketika itu teman meminta diinstal Mpteluplayer (baca : MP tri ), dengan lewat flashdisk aku masukan masternya, eh nggak taunya hilang semua folder dan berubah menjadi shortcut, kuciwa berat... karena flashdisk kesayangan terancam punah, padahal itu buat nginstall-nginstall dan banyak file masternya... ya sudahlah... akhirnya saya cari komputer lain yang sehat dan berupaya mengatasinya.. saya gunakan anti virus terkeren, terkenal, tercanggih dan termurah ( FREE he..he.. ra duwe modal ). Dan akhirnya alhamdulillah gagal tidak ada perubahan apapun... dan saya selam tiga hario tidak bisa menggunakan flashdisknya selama tiga hari yaitu tiga siang dan tiga malem he..he.. akhirnya saya coba pakai cara pada kasus pertama, awalnya saya ragu, karena kasusnya berbeda ( saya kira lebih berat ), eh tak disangka dan dinyana ternyata berhasil seraTUS PERSEN.......

Untuk kasus yang ketiga ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan flashdisk tidak terdeteksi yaitu :
 Matinya USB pada komputer
 Nama flasdisk kembar
 Software Flasdisk corrup/hilang/Error
Dari tiga kemungkinan tersebut saya hanya membahas yang nama flasdisk kembar, karena yang lainnya termasuk dalam hardwarenya ( IC atau Eepromnya ). Kita dapat memulai melacak penyebabnya dengan langkah sebagai berikut :
  • Buka EXPLORE
  • Klik kanan MY COMPUTER
  • Pilih MANAGE
  • Pilih DISK MANAGEMENT
  • Bandingkan dengan EXPLORE ( curigai yang tidak ada pada EXPLORE tapi ada pada DISK MANAGEMENT misal X )
  • Klik kanan pada X
  • Pilih RENAME
  • Ganti nama disk dengan sembarang nama tapi yang kira2 belum dipakai DAN ENTER
  • Selesai, kita tutup semua jendela ( WINDOW )
  • Buka kembali EXPLORE dan TERLIHAT si X tadi!!

Untuk kasus yang keempat saya belum pernah mengalami sendiri, namun ada keluhan teman pada saat itu yang yakin hasil ketikannya sudah banyak dan tersimpan di fglashdisk eh ternyata hilang entah kemana... waktu itu sya sarnkan begini..
Mungkin ada kesalahan pada saat menyimpan file tersebut kurang teliti, namun setelah dites memang flashdisknya begitu terus ( tidak mau menyimpan ).
Bagi semuanya saja, sedikit pendapat saya sebelum disave langsung ke flasdisk ada baiknya disave dikomputer dulu ( backup ), kalau bener2 penting dan rahasia ya pakai fasilitas password, kan ada diword document atau yang lainnya.

BEGITU SAJA SEMOGA BERMANFAAT DAN SELAMAT BELAJAR

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ka, tolong dong di per jelas cara nyelametin folder yang berubah menjadi shortcut .???

PROTAVYPP mengatakan...

okey akan dikasih caranya langsung pakai email aja yach.. kamu tulis alamat email kamu...